Sejarah

VW Kodok, atau resminya VW Type 1, adalah sebuah mobil kecil yang diproduksi oleh Volkswagen. Juga dikenal dengan Beetle atau Bug dalam bahasa Inggris, atau Käfer dalam bahasa Jerman, WV Kodok merupakan salah satu mobil yang paling mudah dikenal di dunia, dikarenakan oleh bentuknya yang khas, bunyinya yang unik, dan kehandalannya.

VW Kodok diproduksi mulai tahun 1938 sampai 2003, walau sempat terhenti oleh Perang Dunia II. Pada rentang masa yang panjang ini, lebih dari 21 juta VW Kodok dibuat.

Dalam sebuah polling internasional untuk penghargaan mobil yang paling berpengaruh, VW Kodok menempati peringkat keempat setelah Ford Model T, Mini dan Citroën DS.

Asal mula mobil ini berasal dari jaman Nazi Jerman pada tahun 1930an. Adolf Hitler menginginkan agar kendaraan pribadi dapat tersedia untuk masyarakat umum, dan menugaskan seorang insinyur, Ferdinand Porsche, untuk merancang kendaraan tersebut. Hitler mensyaratkan bahwa kendaraan ini harus mampu mengangkut dua orang dewasa dan tiga anak kecil, pada kecepatan 100 km/jam, dan harganya tidak melebihi harga sepeda motor ditambah harga boncengan samping sepeda motor pada waktu itu.

Perancang mobil yang sebenarnya masih kontroversial, karena walaupun secara resmi Ferdinand Porsche adalah perancangnya, pada 1920-an, Joseph Ganz telah merancang mobil yang mirip. Mobil tersebut lebih kecil dan lebih murah, namun para produsen mobil tidak tertarik, justru dua produsen sepeda motor yang tertarik. Adler memproduksi Maikäfer, dan Standard memproduksi Superior, dan mengkampanyekan dalam iklan sebagai ‘Der Deutsche Volkswagen’ (mobil rakyat Jerman).

Ketika Nazi mulai berkuasa, mereka menyukai Superior, namun tidak lama kemudian, Joseph Ganz dimasukkan ke penjara. (Ia kemudian kabur ke Swiss). Kemungkinan alasan dipenjaranya Ganz adalah karena Nazi mengetahui bahwa ia adalah seorang Yahudi. Pemerintah Nazi kemudian mendekati Porsche, yang merancang prototipe mobil yang mirip dengan Superior, yang dinamakan Käfer. Menurut Volkswagen, tidak hanya Ganz yang telah merancang mobil dengan desain mirip, dan Käfer sendiri bukan didesain berdasarkan rancangan Ganz.

Perusahaan Volkswagen dapat bertahan setelah Perang Dunia atas usaha seorang tentara Inggris, Mayor Ivan Hirst. Setelah perang, Hirst diperintah untuk mengepalai pabrik yang telah rusak dibombardir Sekutu dan dikuasai Amerika Serikat. Dimulai dengan usahanya membuang bom yang tidak meledak yang tersangkut di antara mesin produksi, ia kemudian berhasil meyakinkan angkatan bersenjata Inggris untuk memesan 20.000 mobil. Pada tahun 1946, pabrik tersebut telah dapat memproduksi 1.000 mobil per bulan.

Produksi VW Kodok “Type 1″ berkembang pesat dari tahun ke tahun, dan pada 1954 mencapai 1 juta mobil. Pada 1973, produksi telah mencapai 16 juta, dan popularitas mobil telah menyebar ke berbagai penjuru dunia. Mobil ini memiliki nama julukan yang berbeda-beda pada setiap negara, namanya biasanya berupa istilah yang mencoba menggambarkan bentuknya yang unik: Käfer di Jerman; Sedan, lalu Fusca di Brasil; Coccinelle di Perancis; Σκαθάρι (Scathari yang berarti kumbang) atau Σκαραβαίος (Scaraveos yang berarti kumbang jenis Scarabaeidae) di Yunani; Maggiolino di Italia; Sedán atau Vocho di Meksiko; Kever di Belanda; kotseng kuba (yang berarti ‘mobil punggung bongkok’)/”pagong” (kura-kura) di Filipina; Garbus (yang berarti ‘Bongkok’) in Polandia; Brouk di Republik Ceko; Carocha di Portugal; Escarabajo di Spanyol dan Amerika Latin; Hipushit di Israel; Косτенурка (Kostenurka) di Bulgaria (yang berarti kura-kura); عقروقة (Ag-ru-ga) in Iraq; Boble (gelembung) di Norwegia; Buba di Kroasia; Bug di Amerika Serikat, dan tentunya Kodok di Indonesia.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/VW_Kodok

9 Responses

  1. Hello. And Bye.

  2. i love vw kodok..

    saya pngn beli nih mobil..tapi lagi ngumpulin rupiah untuk meraihnya..adapun saran kalo pnya budget pas2an biar bisa dpt ne mobil kasih tau y.bro saranya…
    makasih
    salam vw kodok lovers

    • jika anda sudah bekerja,, hitung pengeluaran slma satu bln usahakan dalam satu bulan itu ada sisa buat ditabung….
      jika anda sekolah kurangi sedikit uang jajan,,,
      ada tekat pasti semuanya bisa terwujud, pastinya jangan lupa berdoa dan berusaha..

  3. vw….TOP BGT….tua tp kuat

  4. Halo pecinta kodok. Saya baru saja mengambil alih satu unit kodok thn 1956 setir kiri peninggalan almarhum ayah. Saya akan merawat mobil ini dengan sepenuh hati sesuai pesan beliau. Senang sekali apabila teman2 mau berbagi ilmu dan trik merawat kodok2nya. Salam dari Depok, Tori.

  5. jambore vw safari indonesia

    Let’z Go….!!!

    “SAFARI DAY’S OUT”
    The 1st VW Safari Jambore – Let’z Adventure, Special Stage & Camp”

    …Event yang dibuat dengan konsep jalan-jalan adventure dan bercamping sambil menikmati alam kuningan ..
    dan ada Trek Off Road Special Stage untuk lomba uji nyali ketangkasan mengemudi dengan VW safari..
    you can enjoy and will be fun.

    Hari/Tanggal : Sabtu – Minggu, 28 -29 Mei 2011,
    Lokasi : Balai Kota Cirebon (start Sabtu) – Pesona Alam Kuningan Residence, Gunung Keling, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat.
    Present by : Cirebon Volkswagen Club & Komunitas Safari Bandung

    acaranya:
    Sabtu tanggal 28 Mei 2011, all peserta kumpul dulu di Cirebon
    Start pukul 09.00 – 16.00 wib Start dari Cirebon ke Kuningan (dengan rute jelajah ciremai , medan fun dan menantang),
    malam bercamping di Pesona Alam Kuningan Residence, enjoy the night with the dinner party, live music / hiburan, pesta kembang api, dan vw meeting.

    Minggu tanggal 29 Mei 2011, 08-00 – 14.00 wib
    at Pesona Alam Kuningan Residence, enjoy Bursa Spareparts, Aksesoris & Merchandise VW, Bursa VW, Kontes VW Safari, Games, Hiburan dan yang punya Nyali silahkan ikut Lomba Trek Semi Off Road (SS) untuk Kelas VW Safari dan Kelas VW Bebas.

    Harap dipersiapkan VW Safari anda dan yang belum punya Cry bisa nebeng, pinjam apa beli dululah.. Smiley ayo ayo ayoooo.. cepatt

    info registrasi dll segera menyusul.

    thanks
    CIVOC-KSB

  6. boleh saya yang lanjutin merawatnya mas? no.hape boleh minta? ini no saya : 081220886976

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: