Perawatan

Ini beberapa tips untuk perawatan ringan Vw kodok kesayanganmu. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan yaitu:

  1. Usahakan jangan mencuci kendaraan pada sore atau malam hari,  air akan lebih lama kering karena udara lembab yang mengakibatkan besi cepat mengalami kropos/korosi.
  2. Usahakan sendi-sendi/engsel pintu, kap bagasi, kap mesin selalu diberikan pelumas secukupnya. Paling tidak 1 bulan sekali. Bersihkan karet kaca dan sudut dari karet kaca tersebut 1 bulan sekali, jika perlu gunakan bahan / semir khusus karet.
  3. Lakukan pemeriksaan oli mesin sebelum menghidupkan mesin
  4. Lakukan penggantian oli mesin setiap 3000km.
  5. Lakukan tune-up minimal 10.000 kilometer atau 6 bulan sekali.
  6. Perawatan kendaraan disarankan pada bengkel khusus Volkswagen yang telah mempunyai
    reputasi baik atau sudah kita kenal.
  7. Tank bensin tidak dibenarkan sampai kosong, sebab akan menimbulkan kotoran dan
    masuk kesaringan bensin, isilah bensin sebelum habis.
  8. Gantilah filter bensin setiap tune-up atau ganti jika sudah banyak kotoran pada
    kotoran saringan tsb.
  9. Penggantian suku cadang sesuai instruksi dari mekanik.
  10. Tidak ada penggantian suku cadang rutin yang diharuskan pada mesin.
  11. Tipe air cooling yang umum dipakai di Indonesia: * Tipe 1 VW 1200, 1300, 1500, 1302 dan type 1303.* Tipe 2 VW Kombi Germany, Kombi Brazil, Transporter, Pick-Up, Double
    Cabin, dan VW Dakota. * Tipe 3 Sedan, Station wagon, VW Variant (Bangkok)* Tipe 4 VW 411 dan VW 412* Tipe 1 VW Karmann Ghia dan type 3 VW Karmann Ghia* Tipe 1 VW Safari (Think)
  12. Ada lebih dari 19 tipe kendaraan VW air cooler
  13. Untuk mengetahui kondisi chasis masih baik atau  tidaknya, periksalah pada bagian kolong depan dan belakang, dan perhatikan pada titik-titik tertentu misalnya pada bagian axle beam (breh) depan apakah ada yang keropos atau retak pada sisinya dan demikian juga pada bagian
    belakang seperti dudukan as torsy dan diagonal. Jika sudah ada gejala keropos  dan retak, besar kemungkinan tidak lama lagi chasis akan patah dan posisi kendaraan bisa berubah (miring).
  14. Dalam perawatan rutin, lakukan stempet  pada bagian axle beam (ada) 5 titik yang harus distempet/dilumasi dengan pelumas untuk jenis kendaraan VW kombi keluaran Jerman, sedangkan VW kombi produksi Brasil ada 13 titik (nepel). Sementara VW kodok yang menggunakan Kin-pin, ada 8 titik (nepel) untuk bagian belakang, bukan perawatan rutin.
    Untuk penggantian suku cadang, bagian kaki-kaki yang relatif rusak saja yang harus diganti.

Saran saran di atas merupakan kutipan dari Mobilaku.com,ini penting untuk di ketahui setelah membeli vw kodok anda. Bagaimana untuk merawatnya dengan baik, perlu diperi penuh kasih sayang. Oke.

link: http://www.mobillaku.com/index2.php?pilih=tip&id=9

9 Responses

  1. Bos, bisa kasih tips2 saat akan membeli mobil VW ? mengingat mobil ini sudah berumur sementara tidak semua pembeli tahu persis bagaimana memilih mobil VW yang nantinya tidak merepotkan.

    Terimakasih.

  2. Berapa yah harga combi yang masih bahan untuk modifikasi

  3. saya pengen ngobrol lebih jauh tentang VW, ada YM atau email yang bisa dihubungi ?

  4. brapa y kira2 harga VW kodok yang bagus??

  5. saya mau tau tips2 klo mau beli vw kodok??apa aja yg hrs diprhatikan?

  6. Bang, Mohon informasi dimana saya bisa beli suku cadang dan pernak-pernik untuk VW kodok tahun 1969, Atas informasinya saya ucapkan terimakasih.

  7. Minta ijin ambil artikelnya boleh nggak bos.
    Mksh

  8. Met sore bang< qu ada masalah dengan vw kodok qu…thn 67 pengisian baterainya ga bagus udah ku gulung kemana2 ga mau juga..ada info kah bang

  9. kalo mau urut kabel khusus vw kodok dimana ya,,,infonya dong,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: